Cerita Dari Sabiq

Mas Sabiq sekarang sedang senang sekali mewarnai. Untuk memenuhi keinginannya mewarnai ini itu, maka kami minta tolong Abi untuk dicarikan gambar sesuai yg dimau sabiq untuk kemudian diprint utk diwarnai Sabiq. Tadi Sabiq minta untuk diprintkan pahlawan muslim (lagi) dan dinosaurus.
Pulang kerja Abi bawakan yg diminta. Tiga gambar dinosaurus awalnya saya lihat biasa saja. Sampai akhirnya mas Sabiq yg menyampaikan bahwa itu gambarnya berurutan jd sebuah cerita.
___________________________

“Mi, ini itu dinosaurusnya lepas dari kandang. Trus ngrusak kota, marah2. Ini orangnya pada ketakutan. Habis itu ada orang yg telp polisi. Akhirnya polisinya datang naik helikopter. Trus dinosaurusnya ditembak pake jaring dari helikopter.”
___________________________
Great job mas Sabiq!

#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayIIP
#GrabYourImagination

Advertisements

Cerita Bersambung

Tiba2 mas Sabiq minta dibacakan buku mewarnai Avengers nya. Padahal itu kan buku utk mewarnai tanpa ada cerita maupun tulisannya. Hmm… Baiklah, bisa bisa. Mari kita coba 😋
Pesan kali ini yg ingin disampaikan adalah berterima kasih atas pemberian orang lain walaupun itu tidak sesuai dengan harapan kita. Karena mas Sabiq beberapa kali masih suka menunjukkan kekecewaannya bila diberi hadiah yg tidak sesuai dengan keinginannya. Padahal orang yg memberi hadiah kan sudah pasti berharap orang yg diberi hadiah bahagia, bukannya malah sedih.
_____________________
Buku mewarna Sabiq hanya berisi gambar2 tokoh Avengers. Ummi dipaksa kreatif aja utk menjadikannya cerita.

Iron man, Kapten Amerika, clint Barton, dan Hulk bersahabat baik di sekolah. Suatu hari hulk marah, karena ia diberi susu gambar hulk oleh ortunya, padahal dia ingin susu gambar kapten Amerika, karena hulk ini ngefans dengan kapten Amerika sahabatnya.
Melihat sahabatnya marah, kapten Amerika, clint Barton, Iron man, dan sahabat yg lain seperti Thor, Black widow, vision, black panther, ikut membantu menenangkan Hulk dan memberinya nasehat, bahwa kita harus bersyukur dan berterima kasih atas pemberian orang apapun itu bentuknya, walaupun tidak sesuai dengan harapan kita. Apalagi itu orang tua kita yg memberinya. Kita tetap harus menunjukkan rasa bahagia, berstukur, agar orang yg memberi pun senang.
Akhirnya hulk sadar, dan meminta maaf kepada teman2nya. Ia berjanji akan selalu bersyukur atas apapun yg ia dapatkan.
Diakhir gambar ada valcon yg terlambat datang dan menanyakan apa ada yg bisa dibantu? 😂
______________________
Dan Sabiq pun tertawa…

#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayIIP
#GrabYourImagination

Konsisten dalam Mendongeng

Konsisten, yah itulah tantangan sebenarnya utk mendongeng ke anak-anak. Kami rencanakan mendongeng tiap sebelum tidur, tetapi ada saja ‘excuse’ nya. Misalnya, saat masih menidurkan adek Fathimah, eh mas Sabiq dan Aufa sudah tidur duluan. Atau kadang lupa. Atau anak-anak sedang tidak mau mendengarkan dongeng (kalo ini salah ummi abinya yg kurang kreatif ya? 😅)
Jadi, sekarang kami tidak menetapkan waktu kapan mendongeng. Saat momen menasehati anak-anak, kami sertakan juga kisah sebagai contoh dan tauladan. Sehingga anak-anak lebih termotivasi melakukan seperti teladannya.

#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayIIP
#GrabYourImagination

Kisah Zubair bin Awwam

Kmrn siang mas Sabiq spontan minta dibacakan buku kisah sahabat Rasulullah yaitu kisah Zubair bin Awwam. Menurut saya bukunya berisi info yg cukup lengkap mengenai kisah hidup sahabat Rasulullah. Untuk anak-anak dibawah 5 tahun, saya merasa tulisannya terlalu banyak. Jadi akan sulit bila saya ceritakan dengan spontan tanpa membaca. Apalagi saya belum hapal betul bagaimana ceritanya, hehe… Saya tidak hanya membacakan bukunya, tapi saya sisipkan juga pesan-pesan yg sesuai dengan keadaan Sabiq saat ini. Misalnya, saat Zubair yg masih muda disiksa oleh pamannya agar keluar dari agama islam dan kembali musyrik. Tapi karena iman yg kuat, Zubair tetap bersabar dan tidak mau kembali musyrik. Kemudian ketika diceritakan banyak luka yg terdapat pada tubuh Zubair, yg menandakan keberaniannya berperang di jalan Allah. Saya hubungkan dengan mas Sabiq yg masih mudah mengeluh dengan sakit/luka yg tidak seberapa. Keberanian Zubair memang sering dapat menginspirasi mas Sabiq untuk lebih berani dan kuat. Jadi, kami sering mengingatkan ia tng kisah Zubair saat ia sedang mengalami sakit atau takut. #tantangan10hari #level10 #kuliahbunsayIIP #GrabYourImagination

Bosan

Kmrn saat kami sedang santai makan snack bersama-sama, saya tiba2 nyeletuk, “siapa yg mau denger ceritanya Joko Kendil?” Dengan nada ajakan yg ceria bgt pokoknya. Mas Sabiq langsung jawab “panggah (tetap) Joko Kendiiiil aaaeee…” Sambil setengah tertawa menggoda saya. Hahaha… Jd mereka sudah bosan?

Padahal dulu Sabiq suka sekali saat saya bercerita tng Joko Kendil dengan berbagai aktivitasnya yg biasanya saya selipkan nasehat utk mas Sabiq sesuai dengam kejadian hari itu. Misalnya seperti membereskan mainan setelah dipakai agar tidak hilang seperti si Joko Kendil, Tidak terlalu lama main gadget agar mata tidak sakit seperti Joko kendil, dan banyak lagi cerita lainnya.

Sudah lama saya tidak menceritakan lagi kisah-kisah Joko Kendil ke mas Sabiq. Eh, kmrn baru saya ceritakan 1 kisah, masa sekarang sudah bosan?? Hahaha… Umminya harus lebih pintar berimajinasi lagi nih 😂

#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayIIP
#GrabYourImagination

Kisah Pahlawan Islam

Membangun karakter anak melalui dongeng Kami berusaha mengenalkan kebesaran islam dengan mengenalkan pahlawan-pahlawan islam melalui cerita-cerita nyata yg benar2 terjadi kepada anak-anak. Meskipun mereka mengenal tokoh superhero fiksi, kami mengimbanginya dengan mengenalkan pahlawan-pahlawan islam yg lebih hebat daripada tokoh fiksi. Suatu hari mas Sabiq yg senang sekali mewarnai, meminta utk mewarnai gambar pahlawan islam. Sehingga kami carikan gambar di internet dan kami printkan. Selain mewarnai, kami sertakan juga keutamaan pahlawan-pahlawan islam tsb. Kami berharap, dengan mengenalkan pahlawan-pahlawan islam ke anak2, maka akan mempengaruhi karakter mereka dan membuat mereka bangga menjadi orang islam. #tantangan10hari #level10 #kuliahbunsayIIP #GrabYourImagination

Dongeng untuk Adek Fathimah

Kemarin mas Sabiq dan Aufa tidur lebih awal karena siangnya gak tidur. Ada kakek nenek datang ke rumah, jd ajak jalan2 keluar.
Jadi, kali ini ummi akan mendongeng utk adek Fathimah.
Spontan menemukan buku bantal dengan gambar dan tulisan yg hanya sebaris saja. Buku bantalnya mengajarkan anak utk mengucapkan ‘maaf’
Lihat bukunya ummi langsung tertantang utk buat cerita bersambung dari gambar2 itu.
___________________________________

Kunil dan kura baru saja membuat topeng dari kayu. Kemudian topeng itu dipake utk mainan. Ternyata mereka bertemu rabi, tagi, dan beri di taman. Rabi, tagi, dan beri terkejut dan ketakutan melihat topeng besar itu. Kemudian kunil dan kura melepas topengnya dan berkata “maaf bila topeng kami ini telah membuat kalian takut”

Rabi dan tagi menjemput beri. Mereka akan pergi belajar bersama di rumah kunil. Sampai di rumah beri, ternyata beri masih belum menyiapkan buku-bukunya. Sehingga rabi dan tagi pun menunggu beri bersiap2. Beri pun berkata “Maaf, aku telah membuat kalian menunggu”

Tagi terburu-buru karena terlambat datang ke rumah Rabi untuk belajar bersama. Ia berjalan setengah berlari sambil membawa banyak buku. Tidak sengaja Tagi menabrak kura yg juga sedang membawa banyak buku. Mereka berdua jatuh dan buku-buku yg mereka bawa pun berjatuhan. Tagi merasa bersalah dan meminta maaf pada kura “maaf aku telah menabrakmu, apakah kau baik-baik saja?”

_______________________

Adek Fathimah berusaha mengambil buku bantal yg ummi pegang untuk dimasukkan ke mulut
_
#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayIIP
#GrabYourImagination