Mengenal Gaya Belajar Anak – Menghafal Surat Pendek


Seingat saya, saya tidak pernah dengan sengaja dr awal mempersiapkan anak2 utk hafal Al Quran. Jd kalo ditanya mulai umur brp mereka mulai menghafal, saya lupa. 

Karena belum bisa membaca, Sabiq menghafal dengan cara mendengarkan. Awalnya mendengarkan saya. Dan kemampuan anak2 dalam menirukan dan menghafal itu memang sangat luar biasa ya… Otak masih fresh, sehingga mudah bagi mereka menghafal surat-surat pendek. 

Sekarang, Sabiq biasanya minta didengarkan murottal pake headphone. Ini lebih karena dia suka pake headphone kayanya 😁 sambil denger suara qari nya, dia jd bisa menirukan juga panjang pendeknya dengan benar. Terkadang, walaupun dia belum bisa baca, dia minta pegang hp utk lihat Al Quran nya. Jadi kaya gaya orang lg baca Al Quran beneran.

Saat murojaah, Sabiq sering g fokus. Mudah terganggu dengan hal lain, misalnya lihat adeknya main apa, maka hafalannya terhenti atau lupa ditengah-tengah.

Aufa, tinggal ngikutin aja apa yg dilakukan masnya. Terbiasa dengar masnya hafalan, tanpa disuruh dia ikut menirukan sendiri dan hafal-hafal sendiri, Alhamdulillah.

Visual: karena belum bisa membaca, sabiq dan aufa tidak membaca utk menghafal. Saat mendengarkan ummi dan abi nya membacakan surat, Sabiq memperhatikan (bila sedang serius)

Auditori: menghafal dengan cara menirukan/ mendengarkan baik dari mulut kami, maupun murottal

Kinestetik: biasanya hafalan tidak sambil jalan-jalan, tapi bisa sambil melakukan hal lain seperti main mobil2an/robot. Tapi jd tidak fokus

#tantangan10hari
#level4
#gayabelajaranak
#kuliahbunsayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s