Mengenal Gaya Belajar Anak – Membacakan Buku

Membacakan buku menjadi kegiatan yang saya usahakan ada setiap hari. Alhamdulillah, tanpa diminta, biasanya anak-anak akan memilih sendiri buku yg ingin dibacakan.

Mas Sabiq dan Aufa biasanya akan memilih buku yg sama utk dibacakan sampai mereka bosan dan berganti dengan buku yg lain. Untuk saat ini, Aufa selalu ingin dibacakan buku serial kapten gizi mata rabun. Sedangkan mas Sabiq akan selalu meminta dibacakan buku komik 10 pahlawan islam dengan cerita Amr Bin Al Ash.

Saat saya sedang membaca, terkadang saya tanya tentang gambar-gambar di dalamnya. Bisa juga saya suruh mereka menirukan ekspresi tokoh-tokoh yg ada pada gambar. 

Sabiq dan Aufa sama-sama detail dalam menanyakan sesuatu. Misalnya tentang baju yg berbeda antara gambar satu dan lainnya, padahal tokohnya sama. Bahkan ekspresi kuda Amr Bin Al Ash saat akan perang juga ditirukan dan ditanyakan ‘kenapa?’ 😅

Aufa, biasanya menanyakan atau mengomentari hal yg sama setiap dibacakan cerita yg sama. Misalnya, pada halaman ini dia akan bercerita tng kejadian saat ia melihat mata kucing yg menyala di malam hari. Pada halaman lain dia akan selalu menunjuk bag tengah steples buku dan menanyakan itu apa 😅 dan itu dilakukan berulang-ulang.

Sabiq dan Aufa sama-sama mudah mengingat cerita yg saya bacakan. Misalnya, saat saya membacakan cerita, saya akan dengan sengaja berhenti pada suatu kata dan berharap mereka yg meneruskan. Maka, Sabiq dan Aufa sama-sama bisa meneruskan kalimat saya persis seperti yg di buku.

Visual: Melatih kemampuan mereka dalam detail melihat gambar-gambar dalam buku. Melihat perbedaan dan persamaannya. Menambah wawasan tng banyak benda yg belum pernah dulihat di dunia nyata.

Auditori: Melatih kemampuan mereka dalam fokus mendengarkan cerita maupun perintah-perintah secara lisan

Kinestetik: Saat mendengarkan cerita, anak-anak banyak belajar tentang berbagai ekspresi wajah dan menirukannya. Selebihnya, saat mendengarkan cerita, anak-anak lebih banyak anteng mendengarkan (tidak berlarian kesana kemari)

#tantangan10hari
#level4
#gayabelajaranak
#kuliahbunsayIIP

Leave a Reply

