Family Project Day#3 – DIY Tempat Sampah


1 April 2017

Nama projek: pisahkan sampah basah dan sampah keringmu

Gagasan: Di lingkungan rumah kami tingkat RW sedang digalakkan kesadaran masyarakat tentang sampah. Saya merasa banyak mendapat pengetahuan baru soal sampah. Yg biasanya hanya sekedar buang sampah, sekarang kami disadarkan utk memisahkan sampah basah, kering, dan residu. Bahkan tiap rumah diberikan daftar contoh sampah yg masuk kedalam kategori sampah tersebut. Dalam pelaksanaannya di rumah, kadang kami buang sampah sesuai instruksi, namun kadang juga karena merasa ribet (harus menyediakan banyak tempat sampah) maka kami jdkan satu semua sampah.

Sayang sekali bila pengetahuan tng sampah ini, kebiasaan baik ini tidak saya teruskan ke anak-anak. Saat saya sampaikan kepada mas Sabiq tng pemisahan sampah basah dan kering, ternyata mas Sabiq semangat sekali menanggapinya. Tiap ada sampah dia sigap utk buang sampah dan menanyakan pada saya “ini disini ya mi?”

Melihat tempat sampah di dapur kami yg hanya sekedar 2 kresek, tanpa tulisan sampah basah n kering, saya terbesit ide utk membuat 2 kotak sampah dari kardus bekas dan diberi tulisan sampah basah dan sampah kering. Saya sampaikan ini kepada mas Sabiq, dan saya sebutkan juga dia yg akan jd kapten projeknya. Mas Sabiq pun mengiyakan

Pelaksanaan: 31 Maret – 1 April 2017
Bahan yg dibutuhkan:

  • ‌2 kardus bekas
  • ‌Kresek besar utk lapisan dalam kardus
  • ‌Double tip dan selotip/ steples
  • ‌Gunting
  • ‌Kertas warna dan spidol

Tim:
Kapten: Sabiq
PU: Ummi
Penggembira: Aufa

Sebenarnya sederhana saja yg ada di pikiran saya soal tempat sampah ini. Hanya 2 kardus bekas yg diberi lapisan plastik di dalamnya. Kemudian diberi tulisan sampah basah dan sampah kering dengan kertas warna yg berbeda.

Namun, pada pelaksanaannya kok terasa ribet ya 😅 Mungkin pada dasarnya saya dan mas Sabiq sama-sama kurang ahli dan kurang tertarik dengan projek DIY semacam ini 😅 

Dalam proses pembuatannya, mas Sabiq cepat bosan karena hampir tidak melakukan apa-apa. Lebih banyak Ummi yg mengerjakan. Ditambah rasa ingin tau adek Aufa pegang2 gunting, steples, dan peralatan lainnya.

Pada proses finishing juga terkendala dengan kertas warna yang entah ada dimana 😅 sehingga diganti dengan kertas putih biasa yg diberi warna.

Selain projek tempat sampah diatas, tgl 1 April ini kami sekeluarga juga telah berhasil menjalankan projek keluarga “liburan aktif bersama Abi”

Gagasan: Setelah jadwal lembur Abi di bulan maret yg lumayan padat menyebabkan Abi sering pulang malam, maka hari sabtu ini saat Abi libur, kami membuat daftar kegiatan apa saja yg ingin dilakukan anak-anak bersama Abi. 

Ide-ide yg muncul dari mas Sabiq diantaranya adalah:

  • ‌Main bola/ lari di bunderan
  • ‌Sarapan bubur ayam
  • ‌Silat sama Abi
  • ‌Mandi
  • ‌Siap2 keluar
  • ‌Makan steak

Pelaksanaan: 1 April 2017
Tim:
Kapten: Sabiq
Anggota: Abi, Ummi, Aufa

Hari ini dimulai dengan kami berempat jalan-jalan di bunderan, tanpa main bola. Karena lupa bawa bola 😅 Kami jalan-jalan saja dan jajan, Alhamdulillah tdk mengurangi kebahagiaan anak-anak.

Sarapan bubur ayam juga diganti dengan sate. Karena abang bubur ayamnya jauh dr bunderan. Puas jajan, kami pulang. Anak-anak bawa pulang stiker yg dibeli di bunderan. Sampai rumah mas Sabiq mandi, sedangkan adek Aufa ketiduran karena capek. Setelah mandi mas Sabiq sibuk tempel stiker nya. Setelah adek Aufa bangun mandi dan main-main sambil santai, kami bersiap keluar utk makan steak. Di tempat makan, anak2 dengan mandiri makan sendiri, Alhamdulillah.

Pada pelaksanaan projek hari ini masih banyak yg tdk sesuai dengan yg direncanakan. Kami sempat kebingungan juga setelah keluar makan lalu mau kemana. Saya tanyakan ke mas Sabiq, mas Sabiq nya juga bingung. Akhirnya kami pulang saja.

#TantanganHari3
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s