Family Project Day #1 – Camilan Sehat, Hari Ceria

Hari pertama menjalankan tantangan Fampro di kelas bunda sayang. Padahal tantangannya sudah dimulai sejak 23 maret, hihi..

Bismillah…
Nama Projek: Camilan Sehat, Hari Ceria

Gagasan: Berdasarkan pengalaman sebelumnya, mas Sabiq suka sekali kalo diajak memasak, buat kue, dilibatkan didalamnya. Jadi saya coba jadikan ini sebagai projek awal yg mungkin akan berulang, disamping project lain yg waktunya sudah ditentukan.

Pelaksanaan: Pagi hari saat sarapan, saya putuskan untuk menyampaikan tugas fampro kepada seluruh anggota keluarga. Saya sampaikan apa itu fampro, gambaran pelaksanaannya, dan contoh sederhananya. Intinya saya sampaikan, bahwa projek ini akan melibatkan semuanya, Abi, Ummi, mas Sabiq (4thn), dan adek Aufa (2thn 3bln)

Pemimpin projek untuk hari ini adalah Kapten Chef Sabiq, dengan co Chef Aufa, dan tim Ummi. Sedangkan Abi kali ini kebagian jadi tim pasif yg icip hasil camilan dan mengapresiasi duo Abdurrahman karena Abi kan harus kerja 🙂

Hari ini dimulai dengan anak-anak bangun kesiangan dan tidak mau diajak untuk mandi. Tantangan pertama adalah membangun mood mas Sabiq untuk melaksanakan fampro hari ini yg sudah direncanakan. Awalnya mas Sabiq saya beri pilihan mau buat camilan apa hari ini. Mas Sabiq memutuskan untuk membuat pancake pizza. Awalnya semangat, tapi karena lama disuruh mandi gak mau segera mandi, sampe ikut merubah mood ummi juga jd pesimis projek hari ini akan terlaksana atau nggak.

Akhirnya ummi memutuskan untuk mengabaikan mas Sabiq yg asyik main dengan mengerjakan tugas rumah yang lain. Lama kelamaan, mas Sabiq minta sendiri untuk mandi, Alhamdulillah akhirnya… Tapi setelah mandi, mas Sabiq juga masih asyik main yg lain, dan karena ummi harus mengerjakan tugas rumah yg lain, ummi biarkan dulu mas Sabiq main.
Kemudian, mas Sabiq yg mengingatkan ummi “Mi, katanya mau bikin kue..” Baiklah, sepertinya mas Sabiq sudah siap memulai projek.

Saya memulainya dengan menanyakan, apa tugas saya, adek Aufa, dan mas Sabiq. Mas Sabiq belum bisa menyampaikan dengan baik pembagian tugas antara tim. Dia cuma bilang “aku yg ‘nganu’ tepungnya ya. Ummi yg masak. Adek g ngapa2in” hehe.. Kemudian saya bantu ia dengan menerjemahkan maksudnya “Ummi yg siapkan bahannya, Sabiq yg aduk-aduk ya, adek nanti ikut bantu” ok, kami siap.

Dalam proses pembuatannya, mas Sabiq menuangkan bahan2 yg telah disiapkan ummi, mengaduknya, memotong-motong sosis, belajar menyalakan kompor, hingga ikut menumis, dan menuang adonan pancake diatas wajan. Kontribusinya kali ini lebih banyak daripada biasanya.
Mas Sabiq dan adek Aufa sama-sama kurang fokus dalam mengerjakan tugasnya. Mudah tertarik dengan hal lain, misalnya seperti membuat main tepung, dan menjadikan tumpahan tepung sebagai arena jalan mainan mobil-mobilannya.
Saat projek berlangsung, sepertinya adek Aufa merasa kurang dilibatkan. Tiap ingin membantu, selalu direbut oleh kakaknya, sehingga adek Aufa agak rewel dan minta gendong Ummi. Proses memasak jd agak berat ya bagi Ummi 😅 karena harus memastikan mas Sabiq aman terkena wajan panas (posisi kompor terlalu tinggi, sehingga mas Sabiq harus naik bangku kecil/ dingklik yg sebenarnya tetep kurang tinggi juga 😂), sambil menggendong adik Aufa, dalam keadaan perut besar 7 bulan, hehe.. Jadilah bentuk pancake nggak sesuai dengan contoh resepnya, hehehe..

Masuk ke tahap akhir, mengolesi pancake dengan saos tomat dan menata tumisan sosis diatasnya. Di tahap ini mas Sabiq sudah teralihkan fokus dengan main mobil-mobilan pada tumpahan tepung di lantai. Sehingga Ummi yg lebih banyak melakukan proses akhirnya.
Setelah pancake pizza jadi, tidak lupa hasil akhirnya difoto dan gambarnya dikirimkan ke Abi. Kemudian anak-anak video call dengan Abi sehingga Abi bisa mengapresiasi hasil kerja anak-anak, disamping nanti mengapresiasi saat Abi di rumah.

Mas Sabiq dan Ummi masih belum bisa membagi tugas dengan baik. Banyak proses yg masih dikerjakan Ummi drpd mas Sabiq. Kesabaran ummi juga harus terus ditambah saat melihat anak-anak belajar dan melakukan kesalahan 😅

Bismillah, besok lebih baik…

#TantanganHari1
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s