Tantangan Kemandirian: Membereskan Mainan

#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Anak-anak saya sedang berusaha melepaskan diri dr ketergantungannya terhadap gadget. Jadi, saya sangat mengapresiasi saat mereka bermain apapun selain gadget. Salah satu favoritnya adalah membongkar semua mainannya 😀

Mainan mereka kebanyakan adalah mobil-mobilan. Mulai dr yg besar hingga yg kecil, mulai dr yg masih bagus, hingga yg sudah protol-protol 😅😂

Meskipun sudah saya ingatkan berkali-kali untuk membereskan mainan yg satu sebelum main yg lain, tetap saja mereka akan membongkar semuanya jadi satu dan mengamatinya satu persatu. Saya beranggapan, ya mungkin menurut mereka permainannya jd lebih menarik.

Karena sekarang saya sedang mencari-carikan banyak kegiatan selain gadget, maka saya membiarkan mereka membongkar mainan seperti itu. Tetap saya ingatkan utk nanti dibereskan sesuai dengan tempatnya masing2.

Biasanya, saat telah selesai bermain mereka akan mengatakan capek utk membereskan. Bila mereka sampai tidur, kadang saya biarkan mainan mereka berantakan, menunggu mereka utk bangun, dan membereskan bersama-sama.

Lucunya, kalo saya yg mengajak mereka main, dan setelah itu berantakan, maka sayalah yg disuruh bereskan, “ayo, ummi yg bereskan, tadi siapa yg bongkar-bongkar” 😅

Masih jauh dr kata sempurna untuk tantangan beres2 mainan ini 😅 karena saya merasa juga buruk dalam hal ini 😂

Semangat berproses!

Leave a Reply

