​Tantangan Kemandirian di Rumah Uti


#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Setiap 1 bulan sekali selama hampir 1 minggu, biasanya saya dan anak-anak akan ikut suami untuk bekerja di kota asalnya, sekalian menginap di rumah uti n kung nya anak-anak.

Tentunya akan ada tantangan tersendiri saat anak-anak berada di tempat yg tidak biasanya.

Saya harus mengkondisikan supaya anak-anak tetap bisa belajar mandiri di tempat lain.

Untuk mandi sendiri, saya tetap kondisikan air dan peralatannya mudah dijangkau anak-anak. Tetapi kali ini saya harus menemani di dalam kamar mandi karena kondisi di luar kamar mandi terbuka dan tdk memungkinkan anak-anak mandi dengan pintu terbuka.

Saya sering lupa untuk tidak menyuapi anak-anak 😅 Kondisi dimana lingkungan melihat anak-anak makannya susah n sedikit, membuat saya sedikit tertekan juga. Jadi membiarkan anak-anak makan sendiri kadang akan ada komentar yg bikin down 😅 ini umminya ya yg harus nguatin mental 😁

Pernah saat mas Sabiq bilang kalo dia mau mandi sendiri, tapi utinya maksa pengen mandiin, hehe… Alhamdulillah uti g sampe maksa yg gmn2, dan tau bisa nangis anaknya kalo dipaksa gtu.

Saya sering mengapresiasi kemandirian anak dengan memujinya. Dan pujian itu membuat dia makin semangat n termotivasi utk mandiri. Tapi ternyata g semua orang memberikan respon pujian yg sama. Misalnya, saat saya sampaikan ke uti nya kalo sekarang mas Sabiq udah bisa mandi n pakai baju sendiri, respon uti “ya iya, kan udah gede” maksud uti pasti mengapresiasi, tapi menurut saya kurang memotivasi 😀

Semoga kemandirian anak-anak di rumah uti n kung nya tetap ada kemajuan walaupun sedikit-sedikit.

Tetap semangat berproses!

Leave a Reply

