​Cerita Toilet Training Aufa


#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Anak saya yg kedua sekarang berumur 2thn 2bln. Sudah 1 bulan lebih ini saya sapih, Alhamdulillah lancar meskipun terkadang kalo ingat dia masih minta mimik asi tapi sambil ketawa2, hehe…

Nah, sebenernya merasa toilet training bebarengan dengan masa transisi disapih ini agak beresiko, beresiko dobel rewel n buat ummi nya bingung 😅

Tapi, mumpung tugas dr kelas bunda sayang soal melatih kemandirian, yuk dicoba aja 😀

Seperti pernah saya ceritakan sebelumnya, Aufa ini susah sekali diajak ke kamar mandi. Untuk mandi, maupun untuk bersih-bersih kalo dia BAB. Jadi, tantangannya adalah mengajak dia rutin ke kamar mandi untuk ditatur.

Saat ini Aufa sedang masa-masanya mau melakukan semuanya sendiri, mau kayak mas katanya 😁 Nah, saya manfaatkan ini sebagai strategi. Saat g mau diajak ke kamar mandi, saya akan komporin dia dengan bilang “eh, katanya adek bisa buka celana sendiri ya sekarang? Wah pinter dong, coba sih ummi/abi pengen lihat” kadang berhasil bikin dia termotivasi, kadang juga nggak sih 😅😅

Tantangan buat saya cukup sabar aja sih untuk jd lebih capek bersih-bersih dan cuci-cuci 😅 Semuanya proses, bismillah bisa mendampingi anak-anak dengan lebih baik.

Semangat berproses! 🙆

Leave a Reply

