​Tantangan Kemandirian: Makan Sendiri


#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Bismillahirrahmanirrahim

Kali ini saya akan coba memaparkan tantangan yang saya hadapi dalam melatih kemandirian makan sendiri 2 anak saya, mas Sabiq (4thn) dan Aufa (2thn)

Sebelum ada tantangan dr kelas bunda sayang, saya sudah cukup sering menawarkan kepada anak saya utk makan sendiri atau biasanya mereka yg minta utk dibolehkan makan sendiri. Pernah juga dalam satu waktu tertentu saya menyengajakan menghidangkan makanan yg mudah utk dimakan sendiri oleh anak-anak. Namun, sulitnya anak2 utk makan, lamanya waktu yg dibutuhkan, menyebabkan jiwa emak yg satu ini g kuat mental utk menahan diri menyuapi mereka 😂

Seringnya terjadi seperti itu, membuat anak-anak yg biasanya minta utk makan sendiri, kini saat diminta makan sendiri malah maunya disuapin aja 😩

Bangganya luar biasa waktu kmrn anak-anak saya minta utk siapkan makan hingga makan sendiri 😍

Jadi, ceritanya kmrn etelah puas main air, saya hendak menyiapkan ikan sarden kalengan kesukaan mas Sabiq. Mau saya hangatkan di wajan, tapi muncul ide utk mengajak mas Sabiq menyiapkannya bersama-sama. Mulai dr buka kalengnya, tuang ke wajan, hingga belajar menyalakan kompor. Alhamdulillah mas Sabiq semangat bgt. 

Setelah itu, saya coba siapkan piring warna kesukaannya, dan ternyata ini bikin semangat mas Sabiq n Aufa utk makan sendiri, Alhamdulillah. Kami makan bersama-sama sambil sedikit saya jelaskan asal dari ikan yg dimakan.

Setelah selesai makan pun kami buat ice cream susu sama-sama. Mas Sabiq dan Aufa semangat utk tuang bahan-bahan dan aduk-aduk.

Catatan utk saya agar bisa menyiapkan makanan yang mudah disiapkan dan dimakan sendiri oleh anak-anak. Dan menyiapkan piring atau peralatan makan yg lucu-lucu yg jd favorit anak-anak sehingga membuat mereka semangat makan sendiri.

Namun, saya masih belum bisa menahan diri menyuapi mereka saat proses makan sudah berlangsung lama, dan makanan di piring belum habis juga. Karena saya tidak mau ada sisa makanan yg terbuang dan saya tidak bisa kalo harus menghabiskan semua sisa makanan yg ada 😌

Sudah saya jelaskan kepada anak-anak tentang keberkahan makanan, tentang makanan yg tercecer di lantai, tentang baca bismillah sebelum makan dan akibatnya bila tidak, serta apa yg terjadi pada makanannya bila tidak dihabiskan. Kadang bisa berhasil membuat mereka menghabiskan, kadang akhirnya saya harus menyuapi mereka 😓

It’s ok ya anak-anak… Lain kali kita pasti bisa lebih baik lagi 😊

Semangat berproses!

Leave a Reply

