No gadget, ayok main!


​#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Merasa belum ada kemajuan yg signifikan soal kemandirian yg ingin dilatihkan ke anak2.

Bbrp hari ini fokus ajak anak main supaya lupa dengan gadgetnya.

Iya, kesalahan kami yg terlalu dini membiarkan mereka mengenal gadget. Memberikan fasilitas sehingga mudah mengakses apapun dari gadgetnya 😢 sedihlah kalo inget kesalahan kami di masa lalu ini.

Tapi tak ada guna terus menerus menyesali. Saatnya bertindak, saatnya bangkit. 

Sudah 2 hari ini gadget lenyap dari pandangan anak2. Sayapun harus rela tidak pegang gadget di depan anak2. Gak baca chat group whatsapp bunda sayang yg sudah 200an chat aja sekarang 😢

Alhamdulillah saya merasa anak2 jd anak2 yg lebih “mudah”. Tidak mudah marah, tidak mudah ngrengek.

Dampaknya di saya? Saya memilih utk selalu sabar dengan semua tingkah laku mereka. Tanpa marah-marah, Alhamdulillah rasanya gak capek ya 😅

Dampak dr saya menghindar utk marah2 adalah saya harus ‘sedikit’ mengalah untuk menuruti kemauan mereka. Misalnya yg berkaitan dengan kemandirian dalam hal makan, mau disuapin. Di awal tetap saya sampaikan dan saya rayu supaya mau makan sendiri. Tapi kalo mereka tetep kekeuh g mau, saya memilih mengalah, dengan tetap menyampaikan bahwa seharusnya mereka bisa makan sendiri.

Dampak yg lain, saya harus rela membiarkan pekerjaan rumah dan olshop ‘agak’ terbengkalai karena tidak mau membersamai mereka sambil menyambi pekerjaan lain 😊

Sepertinya seminggu kedepan akan fokus pada kegiatan anak2 utk menghindarkan mereka main gadget.

Ya Allah, berikanlah kemudahan…

Leave a Reply

