Tantangan Kemandirian ini buat Ummi

#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Yang saya maksud dengan judul diatas adalah melatih kemandirian anak-anak sebenarnya adalah tantangan untuk saya dan suami untuk konsisten dan komitmen mendampingi anak-anak dengan baik berlatih kemandirian.

Kemarin, tantangan-tantangan itu bermunculan di depan mata. Mas Sabiq (4thn) yang sudah lulus toilet training sejak umur 2,5 tahun, akhir2 ini sering kecolongan pipis saat tidur alias ngompol. Padalah mas Sabiq hamper tidak pernah ngompol, pun saat toilet training dulu semua berjalan lancer tanpa saya harus membangunkannya malam-malam untuk BAK di kamar mandi. Padahal saat ini adek Aufa (2thn) juga sedang proses toilet training. Jadilah dobel-dobel itu cucian makin menjulang tinggi >.<’

Bukan Cuma soal ngompolnya, tapi setelah ngompol mas Sabiq jadi tantrum, mungkin karena malu.

Tantangan tersendiri dating dari adek Aufa yang sedang proses toilet training. Si adek dari pake pospak dulu memang susah sekali diajak ke kamar mandi untuk bersih-bersih (misalnya sedang BAB). Dan hal itu berlanjut setelah lepas pospak. Adek Aufa susah sekali diajak rutin ke kamar mandi untuk ditatur. Kalo sudah g mau, bisa nangis-nangis. Kalo dipaksa, makin menjadi. Sedangkan saya tidak ingin proses ini menjadi trauma tersendiri. Kalo sudah tantrum, akhirnya g mau dipakaikan baju sama sekali >.>

Nah, kemarin 2 bocil ini sama-sama tantrum saat kami bertiga saja di rumah. Fiuh, rasanya…. Luar biasa. Tetapi entah bagaimana, Alhamdulillah saya yg biasanya sudah akan marah-marah atau bahkan sampe nangis, malah bisa menghadapi kondisi ini dengan tenang. Allah memudahkan saya untuk sabar. Saya hadapi tantrum 2 bocil ini dengan nada datar tanpa amarah. Dalam hati saya “nangis aja mas, dek sampe malam juga gpp. Ummi temani disini” saya sudah pasrah, bingung sebenarnya bagaimana meredakan tangis 2 bocil ini. Alhamdulillah bisa sabar sampe akhir.

Dengan semua tantangan ini, jujur saja, mengganggu stabilitas komitmen saya untuk melatih poin kemandirian yang lain. Karena 2 bocil ini sedang dalam kondisi yang tidak stabil.

Leave a Reply

