Siap Belajar Mandiri!

#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Daftar kemandirian yang ingin saya ajarkan ke anak-anak dalam waktu dekat:

Sabiq (3thn 11 bln)

  • ‌mandi dan pake baju sendiri
  • ‌makan sendiri
  • ‌bereskan mainan

Aufa (2thn 2bln)

  • ‌makan sendiri‌
  • toilet training
  • Bereskan mainan

Sempat terintimidasi dengan keluarga lain yg anak2nya sudah lebih mandiri. Tapi meyakinkan kembali, kan tiap keluarga itu beda 😊 untuk melatih kemandirian kepada anak juga, menurut saya harus dalam kondisi orangtua dan anak sama2 siap 💪

Baru skarang saya coba utk konsisten melatih 2 anak saya makan sendiri. Salah saya 😞 sebelumnya saat mereka menunjukkan keinginan utk mandiri dalam hal makan, saya yg gak sabar, gak telaten dan mengambil alih utk menyuapi. Jdnya skarang mereka terbiasa minta disuapi saat saya minta mereka utk makan sendiri. Tetapi perlahan-lahan mereka sudah mulai mau makan sendiri. Adek Aufa yg di awal makan minta disuapin, kemudian minta makan sendiri setelah lihat mas Sabiq makan sendiri (plus diingatkan reward bintang yg akan mereka dapat 😅)

Mas Sabiq sudah mulai tau dan ada keinginan untuk mandi dan pakai baju sendiri, Alhamdulillah.

Untuk Aufa, saya lebih fokus pada latihan BAK dan BAB di kamar mandi nya, karena baru berjalan 4 hari ini. Perjalanan masih panjang 😂

Fight!

Leave a Reply

