My Family Forum Day#8

#hari8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Day 8

Qaulan Sadida

Prinsip dasar ini yg saya dan suami sepakati sejak awal utk berkomunikasi dengan anak. Dimulai dari anak masih bayi, kami berusaha mengatakan yg benar, dan tidak berbohong meskipun utk mengalihkan kesedihan anak.

Sesuatu yg banyak dianut orang-orang tua jaman dulu ya… Kalimat seperti “ayo lihat ayam dimakan ular dibelakang” saat ortu akan berangkat kerja. Atau orang tua sengaja pergi diam2 tanpa pamit ke anak utk menghindari tangisan. Alhamdulillah, kami tidak terjebak dalam komunikasi seperti itu.

Kami berusaha berkata jujur kepada anak, dan memberikan pengertian. Hasilnya, menurut saya anak tidak pernah drama berlebihan kalo ditinggal abi nya kerja. Sekali duakali nangis, tapi setelah itu sudah bisa menerima dengan baik.

Dalam masa menyapih, kami tidak pernah menggunakan cara2 seperti puting yg dikasih pahit-pahit, dioles obat merah atau ditempelin plester 😁. Kami berusaha memberinya pengertian dan tidak pula memaksakan kehendak. Alhamdulillah, 2 anak kami termasuk anak2 yg mudah proses menyapihnya (untuk ini saya bersyukur sekali)

Kami juga berusaha memenuhi setiap janji kami, misalnya kami janjikan beli sesuatu bila ia berhasil melakukan sesuatu. Namun, ini juga harus kami kurangi, karena kami tidak ingin jd orang tua yg kebanyakan janji, trus bingung sendiri kalo mau menepati, hehe..

Semoga, bisa terus menerapkan prinsip ini dengan konsisten di tengah2 orang-orang yg melakukan sebaliknya, amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s