My Family Forum Day#7

​#hari7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Day 7

Ayo, perbaiki komunikasi kita dengan anak!

Setelah membaca artikel tentang 12 gaya populer kesalahan komunikasi orang tua kepada anak yg disampaikan oleh bu Elly Risman, saya diingatkan kembali PR utk memperbaiki kesalahan komunikasi kepada anak.

Semua teori nya sudah disampaikan dalam materi komunikasi produktif di kelas bunda sayang, tapi prakteknya… Susah ya bu ibu… Suka lupa 😁

Saya tidak bisa mengurai satu satu pointnya dan fokus mempraktekkan 1 poin dalam 1 hari.

Saya baca ulang saja materinya sering-sering sbg pengingat saya saat berkomunikasi dengan anak.

Misalnya, untuk menghindari kalimat memerintah anak, saya coba ganti dengan memberikan pilihan pada anak. Sebenarnya tanpa sadar sudah sering saya praktekkan dalam bbrp hal, seperti memberi pilhan baju yg akan dipakai, memberi pilihan makan dan minum, mamberi pilihan waktu mandi, dll. Namun, hari ini karena ingat2 materi terus, saya jd lebih sering mempraktekannya, Alhamdulillah anak terlihat senang dan tidak terpaksa melakukan semuanya.

Mengurangi membanding2kan si sulung dengan adeknya. Ini sering bgt keceplosan saya lakukan 🙈

Saya kurangi marah pada hal2 yg sepele, dan menanggapinya dengan lebih tenang. Saya ubah sikap saya saat berkomunikasi dengannya, memandang matanya dengan sungguh-sungguh, menghargai semua yang ia sampaikan.

Yang dibutuhkan dalam memperbaiki ini adalah konsisten. Sehingga mengubah pola komunikasi kita menjadi lebih baik. Tidak akan lupa lagi kalo sudah jd kebiasaan 😊 Semangat!

Leave a Reply

