My Family Forum Day #5

#hari5
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Day 5

Dalam perjalanan pulang dari Tulungagung ke Surabaya, selalu saya manfaatkan utk banyak ngobrol dengan suami. Biasanya anak2 dalam kondisi tidur, sehingga kami bisa membahas banyak hal, mulai dr kegiatan saya di iip, rencana kedepan kami, keseharian anak2, dll

Dalam keadaan santai seperti itu saya merasa tidak ada kesalahpahaman yg sering terjadi apabila kami ngobrol face to face.
Kendala yang sering terjadi saat ngobrol dalam perjalanan seperti ini adalah saat anak2 tidak tidur, maka semua akan berebut bicara sampai saya bingung harus menanggapi.

Saat suami butuh cerita atau bicara panjang, saya akan memposisikan diri saya sebagai pendengar, berusaha menahan utk tidak memotong pembicaraan dengan tanggapan yg panjang lebar.

Untuk komunikasi dengan anak, hal yg baru saya sadari adalah, tidak semua hasil komunikasi dengan anak terlihat sesaat setelah kita menyampaikan informasi kepada mereka. Seperti obrolan soal berhemat kmrn dengan si sulung yg ditanggapi sebagai bentuk pembatasan terhadap kesenangannya. Kini tiba2 ia akan sering melontarkan kata2 “aku g mau beli ini kok, biar nanti (Uangnya) bisa buat beli xxx” meskipun yg dia sebutkan adalah utk beli mainan lain yg diinginkan dengan harga yg lebih mahal 😅 tapi saya memahaminya bahwa ia paham konsep berhemat. Menahan keinginan yg kurang prioritas, untuk keinginan yg lebih besar. Nanti pelan2 akan kami sisipkan kembali informasi lain yg akan menambah wawasannya.

Leave a Reply

