My Family Forum Day #2

#hari2
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Day 2

Waktu: Pagi hari sebelum suami bersiap kerja

Tantangan: Malam sebelumnya ada kendala tentang kedisiplinan anak yg menyebabkan perbedaan pendapat antar saya dan suami, sehingga paginya walaupun telah mereda, tapi masih ada emosi

Perbincangan pagi ini dengan suami belum membahas tentang teknis family forum, karena Alhamdulillah ada hal penting yg perlu dan segera dibicarakan.

Pagi ini membicarakan standart pagi dan standart malam kami yang disepakati bersama untuk konsisten dijalankan. Hal ini juga melibatkan anak2. Kalau selama ini kami membiarkan anak2 bangun siang, maka dengan kesepakatan baru yg dibuat, anak2 akan dibangunkan di pagi hari dan beaktivitas bersama-sama. Karena keharusan bangun pagi, maka standart malam anak2 juga harus diperbaiki. Maksimal jam 21.00 mereka harus sudah dalam kondisi akan tidur. Begitu pula jadwal tidur siang anak2 yg harus diatur agar malamnya tidak tidur terlalu larut

Insiden malam sebelumnya, membuat saya ingin menyampaikan banyak hal kepada suami tentang bagaimana kami harus bersikap kepada anak2 yg sedang tidak disiplin. tapi karena kondisi malam itu tidak memungkinkan, maka saya menumpahkan uneg2 saya melalui tulisan di notes hp. sebagai sarana juga untuk mengatur kata2 saya saat nanti berkomunikasi dengan suami agar tidak terjadi salah paham. Tulisan yg awalnya saya niatkan untuk saya sampaikan secara lisan, urung saya lakukan karena emosi yg belum dapat ditata. kemudian berpikir utk langsung mengirim tulisan itu saja kepada suami. Namun, kemudian urung pula saya lakukan setelah melihat sikap suami yg menggambarkan bahwa ia menyadari kekeliruannya dalam bersikap.

Saya simpulkan, tidak semua saran saya harus saya sampaikan pada suami. bila saya melihat suami sudah memahami kondisinya, maka menyampaikan saran yg sudah ia sadari sendiri malah akan membuatnya merasa digurui.
Dan, pada akhirnya saya tetap bisa menyampaikan beberapa uneg-uneg saya saat ngobrol dengan suami di pagi harinya. Obrolan yg membahas solusi kedepan, bukan membahas insiden yg terjadi semalam.

Leave a Reply

