My Family Forum day #1

#hari1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Untuk posting perdana tng family forum kami di rumah, sepertinya perlu saya tuliskan terlebih dahulu kendala-kendala komunikasi yg selama ini saya hadapi dalam keluarga. Dengan harapan, terlihat progress perbaikannya 🙂

Suami saya adalah orang yg tidak mudah menerima kritik dan saran. dari awal perkenalan saat akan menikah, beliau sudah menyampaikan tentang kekurangannya ini. kalo dirasa orang yg menyampaikan saran itu tidak mumpuni atau ahli di bidangnya, maka ia cenderung menolak saran itu (walaupun tidak secara langsung disampaikan)

Saya sering sekali membacakan artikel atau materi yg saya dapat secara online, kebanyakan mengenai parenting. Kelemahan saya adalah, saya malas utk merangkum terlebih dahulu apa yg ingin saya sampaikan atau minimal harusnya saya menyampaikan ke suami dengan bahasa saya sendiri. Saya lebih sering langsung membacakannya saja plek seperti yang tertulis. Suami yg sedang dalam mood mendengarkan akan dengan kritis menanggapi banyak hal. Bila ia tertarik dengan yg saya sampaikan, ia akan bertanya detail yg membuat saya kebingungan menjawabnya. disitu saya merasa jengkel :’D Padahal itu adalah kesalahan saya karena belum benar2 memahami atau meresapi apa yg saya baca.
Sebaliknya, saat suami dalam kondisi tidak mood mendengarkan, maka ia akan ‘iya iya’ saja -_-‘

Selama ini pula, saat saya menyampaikan suatu pendapat kepada suami dan kemudian suami tdk sependapat dengan pandangan saya, maka dalam hati saya merasa ini kesalaham suami karena selalu menganggap remeh orang yg dianggap tidak ahli dengan apa yg disampaikan. Namun, setelah saya mengikuti materi komunikasi produktif di kelas IIP Bunda Sayang, maka saya paham, bahwa sayalah yg harus mengubah strategi dalam menyampaikan pendapat kepada suami. Maka, saya bertekad utk berubah, belajar berkomunikasi lebih baik dengan harapan suami pun akan berubah ke arah yg baik bersama-sama.

Tentang berkomunikasi dengan anak (anak saya 4 thn dan 2 thn) sayalah yg harus banyak mengubah pola komunikasi saya. Materi komunikasi produktif yg saya dapat di kelas IIP Bunda Sayang, akan saya jdkan panduan utk mengubah pola komunikasi kepada anak, dan menularkannya kepada anak, bismillah


Day 1

Berencana untuk membicarakan dengan suami soal pentingnya Family Forum dan teknis pelaksanaannya. Namun, karena saya juga masih bingung bagaimana menjelaskan kepada suami pentingnya Family Forum, maka saya putuskan utk membicarakan apa saja yg saat ini saya pikirkan

Kendala: mencari waktu yg tepat.
Karena ini dalam rangka tugas, jd ada detline, jd gak bisa di setting seminggu sekali :p Jadilah merasa terburu2 dalam mencari waktu yg tepat.

Pagi ini, sebelum suami berangkat kerja, saya sampaikan kepada suami utk membahas kebiasaan kami yg sulit bangun pagi lagi. Padahal sebelumnya kami sudah biasakan bangun pagi dan olah raga bersama. Saya sampaikan keutamaan mengajarkan bangun pagi kepada anak2 sejak dini yg saya baca dari tweet Ust. Bendri Jaisyurrahman.

Maka, kami sepakat utk kembali mengatur strategi agar bisa terbiasa bangun pagi lagi dan olah raga pagi lagi. Setelah kami terbiasa, kami akan menularkan kebiasaan ini kepada anak2.
Oleh suami saya diberi tugas untuk menuliskan apa saja yg harus kami lakukan agar bisa terbiasa bangun pagi lagi.

Sedangkan untuk komunikasi dengan anak, hari ini saya berusaha menjadi ummi yg merendahkan nada bicara dan membersamai mereka secara full baik fisik maupun pikiran. Saat makan bersama-sama, sempat saya tanyakan mereka suka main apa sama ummi, suka makan buah apa (karena si sulung agak susah makan buah), dan…. saya lupa td ngobrol apa aja -_-a

Untuk Family Forum selanjutnya,
1. harus mencari waktu yg lebih tepat, lebih lama, dan lebih santai. Sehingga hasilnya lebih maksimal
2. melibatkan anak-anak, sehingga mendapatkan kedekatan antar keluarga
3. membahas pentingnya family forum dilakukan rutin, dan teknik pelaksanaannya

Leave a Reply

