#NHW5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Learning How To Learn)

Design Pembelajaran utk ilmu-ilmu yg ingin dikuasai

  1. Ilmu Kesyukuran

Output:

  • Menjadi orang yang selalu bersyukur dengan semua keadaan, peristiwa, masalah yg terjadi
  • Selalu ingat ada peran Allah dibalik semua kejadian, Allah yg maha tau, sehingga menerima semua dengan ikhlas, ridho, dan syukur
  • Mampu menanamkan/ menularkan rasa syukur tersebut ke anak-anak

Input: Saya pribadi, sbg ibu pembelajar dengan gaya visual kinestetik

Sistem belajar:

  • Mengikuti kajian tentang ilmu yg berkaitan (seminggu 1x)
  • Membaca buku tentang ilmu yg berkaitan (1 hari 30 menit)
  • Membacakan buku tentang kebesaran Allah kepada anak-anak
  • Mempraktekkan ilmu yg didapat dalam tiap aktivitas sehari-hari

Evaluasi:

  • Sudahkah saya menjadi orang yang selalu bersyukur atas semua yg terjadi pada saya?
  • Sudahkan saya menjadi orang yang lebih ikhlas, ridho, dan bersyukur?
  • Sudahkah saya mampu menularkan sikap syukur ini kepada anak-anak?

 

  1. Ilmu Tauhid

Output:

  • Menjadi orang yang paham apa itu tauhid
  • Mampu mengajarkan ilmu tauhid kepada anak-anak

Input: Saya pribadi, sbg ibu pembelajar dengan gaya visual kinestetik

Sistem belajar:

  • Mengikuti kajian ilmu tauhid (seminggu 1x)
  • Membaca kitab tauhid dan merangkumnya (1 hari 30 menit)
  • Membaca buku anak yang mengajarkan tentang tauhid

Evaluasi:

  • Sudahkah saya paham tentang tauhid?
  • Sudahkah saya mampu mengajarkan tauhid kepada anak-anak?

 

  1. Ilmu Birrul Walidain

Output:

  • Menjadi anak yang berbakti kepada orang tua
  • Mampu mengajarkan birrul walidain kepada anak-anak
  • Menjadikan birrul walidain sebagai sikap yang selalu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari

Input: Saya pribadi, sbg ibu pembelajar dengan gaya visual kinestetik

Sistem belajar:

  • Mengikuti kajian ilmu birrul walidain (seminggu 1x)
  • Membaca buku tentang ilmu yg berkaitan (1 hari 30 menit)
  • Mempraktekkan ilmu yg didapat kepada orang tua sekaligus menjadikannya contoh untuk anak

Evaluasi:

  • Sudahkah saya menjadi anak yg lebih hormat, berbakti kepada orang tua?
  • Sudahkah saya mampu mengajarkan birrul walidain kepada anak-anak?
  • Sudahkan birrul walidain menjadi nafas dalam kehidupan keluarga sehari-hari?
  1. Ilmu Muraqabatullah

Output:

  • Menjadi orang yang selalu ingat peran Allah dalam setiap kejadian
  • Menjadi orang yang banyak berbuat baik dan tidak berbuat buruk karena kesadaran adanya pengawasan Allah
  • Mampu mengajarkan sikap takut akan murka Allah kepada anak-anak

Input: Saya pribadi, sbg ibu pembelajar dengan gaya visual kinestetik

Sistem belajar:

  • Mengikuti kajian mengenai ilmu yg berkaitan (seminggu 1x)
  • Membaca buku mengenai ilmu yg berkaitan (1 hari 30 menit)
  • Mempraktekkan ilmu yg berkaitan pada kehidupan sehari-hari

Evaluasi:

  • Sudahkah saya menjadi orang yg selalu ingat Allah?
  • Sudahkah saya berbuat banyak kebaikan dan tidak melakukan keburukan karena kesadaran adanya pengawasan Allah?
  • Sudahkah saya mampu mengajarkan sikap takut akan murka Allah kepada anak-anak?

 

  1. Ilmu Shalat

Output:

  • Menjadi orang yang baik dan benar shalatnya
  • Menjadi orang yang lebih khusyuk dalam shalat
  • Mampu mengajarkan shalat dengan baik dan benar kepada anak-anak

Input: Saya pribadi, sbg ibu pembelajar dengan gaya visual kinestetik

Sistem belajar:

  • Mengikuti kajian tentan tata cara shalat yang baik dan benar (seminggu 1x)
  • Membaca buku fiqih Sunnah tentang shalat dan merangkumnya (1 hari 30 menit)
  • Membaca buku tentang mengajarkan shalat kepada anak-anak
  • Mempraktekkan ilmu yg didapat pada ibadah shalat sehari-hari

Evaluasi:

  • Sudahkah saya menjadi orang yang lebih baik dan benar shalatnya?
  • Sudahkah saya menjadi orang yang lebih khusyuk dalam shalat?
  • Sudahkah saya mampu mengajarkan shalat dengan baik dan benar kepada anak-anak?

 

 

Leave a Reply

