Bagaimana seharusnya menjadi muslimah sejati?

[7:33PM, 4/11/2015] Dewi: Bunda sholiha, pada malam ini KOL Live bersama ustadzah afifa di Group 04,
[7:34PM, 4/11/2015] Dewi: Dan Mohon maaf untuk dikarenakan setting waktu antar benua yang cukup sulit. Dan juga kendala teknis maka beliau akan hadir InsyaAllah jam 19:40

Jazaakunnallahu khoir

🌴Team Pengurus IHQ🌴
[7:36PM, 4/11/2015] Dewi: Semoga bunda2 sholiha masih berkenan bersabar sambil berdzikir untuk menanti pembicara kita ON ☺
[8:10PM, 4/11/2015] Dewi: ِسمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Saya sampaikan salam kepada saudari saudariku seiman dengan salam penuh keberkahan dari sisi Allah Subhanahu wa ta’alaa untuk penghuni surga,
[8:12PM, 4/11/2015] Dewi: Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wa barakaatuh

إن الحمد لله نحمده و نستعينه و نستغفره و نعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له و من يضلل فلا هادي له و أشهد ألا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده و رسوله صلى الله عليه و سلم أما بعد 
[8:13PM, 4/11/2015] Dewi: Segala puji milik Allah. Kami memohon pertolonganNya, dan mohon ampun kepada Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diriku dan keburukan amalku. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku mengesakanNya dan tidak mempersekutukanNya. Dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu hamba-Nya dan rasul-Nya. Semoga shalawat dan salam tercurah untuknya.
[8:13PM, 4/11/2015] Dewi: Akhwaaty sholihaat yang dikasihi Allah

Menjadi muslimah adalah sebuah karunia berharga yang Allah Subhanahu wa ta’alaa berikan kepada kita. Betapa tidak? Keislaman merupakan pintu gerbang menuju pendakian iman yang akan mengantarkan seseorang ke surga. Keimanan itulah yang akan berharga di yaumil akhir nanti. Yaitu pada hari ketika harta dan anak-anak tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih (qolbun salim) (QS.Asy-syuara‘ : 88-89). Begitu juga kecantikan dan jabatan, tidak akan memberi manfaat sediktpun, melainkan amal shaleh yang telah dilakukan sebagai bukti keimanan kepada Allah Subhanahu wa ta’alaa.
[8:14PM, 4/11/2015] Dewi: Betapa banyak kaum wanita yang tidak terlahir di keluarga muslim seperti kita di Indonesia. Dan betapa banyak mereka yang belum memahami betapa indahnya syariat islam yang begitu luar biasa menghargai dan memuliakan kaum wanita. Karena itu, hendaklah kita mensyukuri nikmat hidayah islam ini dengan menjaga keislaman kita dan terus berusaha untuk meningkatkan keimanan kita, menjadi mukminah sejati sebagaimana yang Allah subhanahu wa ta’alaa firmankan :

إنما المؤمنون الذين آمنوا بالله ورسوله ثم لم يرتابوا وجاهدوا بأموالهم وأنفسهم في سبيل الله أولئك هم الصادقون

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar“ (QS. Al-Hujurat : 15)
[8:15PM, 4/11/2015] Dewi: Maka hendaklah kita tidak hanya merasa puas dengan terselamatkan dari kekafiran, melainkan terus melakukan pendakian iman sampai Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang didekatkanNya (al-muqorrobin) yang kelak akan dikatakan kepadanya : „Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati puas dan diridhaiNya. Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku,dan masuklah ke dalam surga-Ku (QS. Al-Fajr : 27-30)
[8:17PM, 4/11/2015] Dewi: Akhwaaty sholihaat yang dimuliakan Allah,

Rasulullah Saw. bersabda, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah”. (HR. Muslim).  Wanita sholihah adalah wanita bertaqwa yang taat pada Allah dan RasulNya dan menjauhkan diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah dan RasulNya. Jadi, sholihah atau tidaknya seorang wanita bergantung ketaatannya pada aturan-aturan Allah, baik sebagai seorang anak, seorang istri, seorang ibu, anggota masyarakat, dll. 
[8:17PM, 4/11/2015] Dewi: Wanita sholihah akan selalu berusaha melaksanakan syariat Islam dengan sepenuh kekuatan imannya.  Dia akan mendekatkan diri kepada Allah (taqorrub ilallah) dengan memperbanyak ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah, menghiasai dirinya dengan akhlaqul karimah, bergaul dengan sesama manusia dengan muamalah yang sesuai syariat Islam, serta selalu memelihara diri agar tidak berbuat maksiyat (perbuatan yang dilarang Allah dan RasulNya). Wanita sholihah selalu berusaha untuk menjaga dan meningkatkan keimananannya dengan amalan-amalan yang dapat menambah kecintaannya kepada Rabbnya dan menambah kecintaan Rabbnya kepadanya.

Lalu, amalan apa saja yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keimanan kita?

1. Meluruskan tauhid dan meningkatkan interaksi kita dengan Al-Quran
[8:18PM, 4/11/2015] Dewi: Untuk menjadi seorang mukminah, hal paling utama yang  harus diperhatikan adalah penjagaan kemurnian dan kekuatan iman dengan meningkatkan intensitas interaksi dengan Qur’an baik dari sisi kwalitas maupun kwantitas. Tilawah Qur’an adalah indikasi paling mudah untuk mendeteksi keshalihan seorang Muslimah. Tilawah berbeda dengan qiraah yang hanya membaca saja. Tilawah lebih mendalam lagi, yang maknanya berarti membacanya, memahaminya dan mengamalkan tuntunannya. Dengan membaca dan memahami isi Al-Quran, niscaya seorang muslim akan bertambah makrifatnya(pengenalannya) kepada Allah Subhanahu wa ta’alaa. Akan semakin mantap aqidah , keyakinan akan kebenaran dan keteguhannya menjalani syariat islam yang diterangkan Allah melalui Al-Quran dan Hadist. Dan niscaya akan mendapatkan bimbingan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat, karena bimbingan itu bersumber dari Sang Pencipta alam semesta ini langsung. Terlebih lagi jika kita dapat menghafalkan ayat-ayatnya yang penuh makna dalam ingatan hati kita, maka insya Allah akan semakin banyak kebaikan yang didapat.
(^o^)(^o^) (^o^) (^o^) (^o^) (^o^)

[8:21PM, 4/11/2015] Meyra: Nah, mari kita tengok diri kita, sudah seberapa sering interaksi kita dengan Al-Quran? Apakah kita sudah memahami isi Al-Quran atau minimal membaca terjemah Al-Quran dari surat Al-Fatihah sampai An-nas dengan bahasa yang kita mengerti? Sudah sejauh mana kita mengamalkan isi Al-Quran yang telah kita baca dan pahami itu?
[8:23PM, 4/11/2015] Meyra: Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, ”Barangsiapa mencintai Al-Quran berarti ia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” (HR. ath-Thabarani dalam al-Mu’jamul Kabir (no. 8657)

Allah Subhanahu wa ta’alaa berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَـبَ اللَّهِ وَأَقَامُواْ الصَّلَوةَ وَأَنفَقُواْ مِمَّا رَزَقْنَـهُمْ سِرّاً وَعَلاَنِيَةً يَرْجُونَ تِجَـرَةً لَّن تَبُورَ لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌشَكُورٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.“ (QS. Al-Fathir : 29-30)
[8:24PM, 4/11/2015] Meyra: Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan rajab, yang menandakan bulan Ramadhan (syahrul Quran) akan tiba. Maka, alangkah baiknya kita persiapkan diri sejak sekarang. Agar dapat berjumpa di bulan Ramadhan kali ini dengan keimanan, semangat beribadah yang bertambah dan amal ibadah yang lebih baik dari sisi kwalitas dan kwantitas.
[8:25PM, 4/11/2015] Meyra: 2. Menuntut Ilmu

Untuk menjadi wanita Muslimah yang berkwalitas, maka harus ditunjukkan dengan baik dan banyaknya amal yang dilakukan, serta bermanfaatnya waktu yang dia gunakan. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu tidak lepas dari ilmu. Semakin dalam ilmu yang dimiliki, maka insyaAllah akan semakin berkwalitas amal yang dilakukan serta semakin bermanfaat dan berkah waktunya. Berkwalitasnya amal disini karena dilandasi dengan ilmu, yang akan memandunya untuk melaksanakannya dengan benar dan niat ikhlas yang akan mengantarkannya kepada keberuntungan dunia akhirat. Karena syarat diterimanya amal ibadah seseorang adalah jika dilakukan ikhlas karena Allah Subhanahu wa ta’alaa dan sesuai dengan contoh yang diberikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (dalam ibadah mahdhah). Dan kedua-duanya memerlukan ilmu.
[8:27PM, 4/11/2015] Meyra: Dalam kitab shahihnya, Imam Bukhari mengatakan:
بَابٌ العِلمُ قَبلَ القَولِ وَالعَمَلِ

“Bab: Ilmu sebelum ucapan dan perbuatan”. Hal ini menunjukkan penting dan perlunya kita terus menuntut ilmu, bahkan sampai ajal menjemput kita.
[8:28PM, 4/11/2015] Meyra: Lalu, Ilmu apakah yang diperlukan seorang muslimah?

a. Ilmu yang prioritas perlu dipelajari seorang muslimah adalah ilmu yang hukumnya fardhu áin yaitu ilmu syar`i yang menjadi syarat seseorang untuk bisa memahami aqidah pokok dengan benar dan tata cara ibadah yang hendak dikerjakan. Termasuk juga ilmu tentang praktek mu`amalah yang hendak dia lakukan.

b. Ilmu bermanfaat lainnya yang akan membantunya untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Baik sebagai hamba Allah pemakmur bumi ataupun tugas-tugas lain yang diamanahkan Allah Subhanahu wa ta’alaa kepadanya sesuai dengan kodratnya.

3. Memperbanyak ibadah sunnah setelah menunaikan ibadah wajib
[8:29PM, 4/11/2015] Meyra: Dalam sebuah hadist qudsi disebutkan

عَنْ أَبِـيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّـهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : «إِنَّ اللهَ تَعَالَـى قَالَ : مَنْ عَادَى لِـيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْـحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَـيَّ مِمَّـا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَـيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا ، وَرِجْلَهُ الَّتِيْ يَمْشِيْ بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِيْ لَأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِـيْ لَأُعِيْذَنَّهُ». 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu ia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla berfirman, ’Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya. Dan jika ia meminta perlindungan kepadaku, Aku pasti melindunginya.’” (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh Imam Bukhâri, no. 6502; Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyâ’ , I/34, no. 1; al-Baihaqi dalam as-Sunanul Kubra, III/346; X/219 dan al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah, no. 1248, dan lainnya)
[8:30PM, 4/11/2015] Meyra: Diantara ibadah sunnah yang sangat disukai Allah Subhanahu wa ta’alaa adalah shalat tahajjud di malam hari atau qiyaamullail (menghidupkan malam dengan ibadah) khususnya di malam ramadhan.  Dan waktu tersebut merupakan saat yang paling baik untuk berdoa dan memohon ampun kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’alaa :

ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا

“Dan pada sebahagian malam hari bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra : 79)
[8:31PM, 4/11/2015] Meyra: 3. Bershodaqoh

Seorang Muslimah yang berilmu seharusnya akan banyak melakukan amal sholih. Dengan amal sholihnya menjadikan dirinya menjadi muslimah yang berakhlaqul karimah yang lembut hatinya dan peka terhadap keadaan lingkungan sekitarnya sehingga mudah terketuk untuk bershodaqoh kepada saudara-saudaranya yang kurang beruntung dibanding dirinya.

Shodaqoh adalah bukti keimanan(keyakinan) seseorang akan balasanNya bagi orang yang ikhlash. Sebagaimana akar kata dari shodaqoh itu sendiri dalam bahasa arabnya shodaqo yang artinya membenarkan. Maksudnya membenarkan janji Allah berupa balasan amal sholih, baik di dunia ini, maupun yang lebih baik kelak di akhirat.
[8:33PM, 4/11/2015] Meyra: Allah subhanahu wa ta’alaa berfirman :

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”(QS. Al-Ahzab : 35)
[8:34PM, 4/11/2015] Meyra: 4. Senantiasa dzikrullah (mengingat Allah) dalam setiap keadaan dan amalan

Bagi seorang Muslimah sholihah aktivitas dzikir sudah otomatis akan menjadi penghias nafas dan pikirannya. Segala peristiwa yang dia alami selalu akan mengingatkan dirinya pada keberadaan Allah subhanahu wa ta’alaa. Karena itu hatinya selalu hidup dan tentram karena merasakan kedekatan dirinya dengan Allah (QS.Ar-Ra’du : 28), dan insya Allah akan terhindar dari sifat sombong atau takabbur. Karena ia meyakini bahwa semua yang didapati adalah karunia Allah Subhanahu wa ta’alaa semata.
[8:37PM, 4/11/2015] Meyra: Dzikir yang dilakukan meliputi 3 bentuk :
🔹Dzikir dengan lisan, yaitu dengan cara mengucapkan lafadz-lafadz yang di dalammya mengandung asma dan sifat Allah yang telah diajarkan oleh Rasulullah Sallallahuálaihiwassalam kepada ummatnya atau yang Allah ajarkan dalam Al-Quran. Contohnya : mengucapkan tashbih, tahmid, takbir, tahlil, membaca Al-Quran dan sebagainya. Sebaik-baik dzikir lisan adalah membaca Al-Quran.
🔹Dzikir dengan perbuatan, yaitu dengan cara melakukan segala perbuatan baik yang diperintahkan Allah dan diridhoiNya serta menjauhi larangan-larangan-Nya yang dilandasi niat untuk  memperoleh rahmat dan ridho Allah. Dengan demikian, menuntut ilmu, mencari nafkah, mendidik anak, bersilaturrahim dan amalan-amalan lain yang diperintahkan agama termasuk dalam ruang lingkup dzikir dengan perbuatan.
🔹Dzikir dengan hati, yaitu dengan cara bertafakur, memikirkan ciptaan Allah sehingga timbul di dalam fikiran kita bahwa Allah adalah dzat Yang Maha Kuasa, Maha Besar dan Maha Teliti. Semua yang ada di bumi ini pastilah ada yang menciptakan dan mengatur, yaitu Allah SWT. Dengan melakukan dzikir seperti ini, keimanan seseorang kepada Allah niscaya akan bertambah.
[8:39PM, 4/11/2015] Meyra: Allah Subhanahu wa ta’alaa berfirman :

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”(QS. Ali Imran : 190-191)

Demikianlah seharusnya seorang muslimah yang akan menjadi madrasah ummat ini mengisi hidupnya disela-sela tugasnya. Sehingga  apa yang menjadi amanah Allah Subhanahu wa ta’alaa kepada dirinya untuk selalu beribadah kepadaNya bisa terimplementasi dengan baik. 
[8:40PM, 4/11/2015] Meyra: Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi pengingat kita bersama. Semoga Allah Subhanahu wa ta’alaa memberi taufiq kepada kita semua.

ﺃﻗﻮﻝ ﻗﻮﻟﻲ ﻫﺬﺍ ﺃﺳﺘﻐﻔﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻲ و ﻟﻜﻦ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻧﻔﻌﻨﺎ ﺑﻤﺎ ﻋﻠﻤﺘﻨﺎ و ﻋﻠﻤﻨﺎ ﻣﺎ ﻳﻨﻔﻌﻨﺎ ﺳﺒﺤﺎﻧﻚ ﺍﻟﻠﻬﻢ و ﺑﺤﻤﺪﻙ أﺷﻬد أن ﻟﺎ ﺇﻟﻪ ﺇﻟﺎ ﺃﻧﺖ ﺃﺳﺘﻐﻔﺮﻙ و ﺃﺗﻮﺏ إليك

Wasalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh

Al-Faqiirah ilaa ridho rabbiha

Afifatun Nisa🌴

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s